Bagian II – Langkah-langkah menciptakan blog yang mampu menghasilkan ratusan juta Rupiah | Cara mendapatkan uang dari blog
Sesuai judul artikel ini, kita akan membuat blog yang bernilai ratusan juta hingga milyaran Rupiah per bulan.
Bukan hanya 1-10 juta.
Ada perbedaan besar dalam keduanya.
Blog itu sama seperti bisnis.
Tidak semua bisnis berpotensi menghasilkan lebih dari ratusan juta. Tergantung dari jenis bisnisnya, caranya mengelola, dan caranya mengembangkan.
Inilah langkah yang harus anda lakukan:
1. Pilih topik yang tepat untuk anda, ini caranya
Tak peduli seberapa kerasnya usaha anda, kalau topiknya salah maka blog anda tidak akan pernah berhasil.
Menyedihkan…
Karena itulah tahap pemilihan topik merupakan yang terpenting.
Topik blog anda sebaiknya merupakan kombinasi dari:
- Sesuatu yang merupakan keahlian/minat anda
- Sesuatu yang diminati dan bernilai bagi banyak orang
Kenapa harus sesuai minat?
Begini…
Anda akan membuat konten di blog.
Konten yang anda buat ini harus bisa menjadi bacaan yang menarik atau bermanfaat bagi orang lain.
Kalau tidak, buat apa capek-capek baca. Ya kan?
Bayangkan. Kalau anda tidak ahli atau tidak berminat dengan topiknya, apa bisa membuat konten yang menarik bagi orang yang berminat dengan topik tersebut?
Itu sebabnya topik yang anda pilih harus yang menarik buat anda sendiri.
Untuk menguji minat/kemampuan anda, coba jawab pertanyaan ini:
- Apakah anda sanggup membaca buku setebal 250 halaman terkait topik tersebut?
- Apakah anda merasa bisa menulis 100 artikel tentang topik tersebut? Coba sekarang pikirkan 30 judul artikel dalam topik tersebut
- Apakah anda merasa lebih ahli daripada orang yang betul-betul awam?
- Apakah anda tahu permasalahan dan harapan terbesar orang-orang terkait topik tersebut?
- Apakah anda bisa membuat konten yang setara atau lebih bagus daripada website terpopuler tentang topik tersebut?
Kalau anda jawab YA untuk 5 topik tersebut, saya 100% yakin bahwa blog anda pasti akan jadi sukses.
1.5. Instalasi blog (dengan WordPress)
Singkat saja, bagian ini khusus untuk anda yang belum punya blog. Kalau sudah punya, lanjutkan ke langkah 2.
Prosesnya tidak sulit, sangat mudah…
Tapi akan panjang kalau dicampur di sini.
Karena itu silahkan menuju panduan untuk membuat blog dengan WordPress.
2. Temukan tempat berkumpulnya mereka yang antusias dengan topik tersebut
Ini langkah terpenting dalam proses pembuatan blog.
Prosesnya seperti ini:
- Cari situs komunitas online yang tepat
- Bangun reputasi di komunitas tersebut
- Perkenalkan blog anda di sana
Ketiga langkah ini seringkali dilewatkan. Biasanya sih karena malas, malu, atau hanya ingin bergantung pada Google untuk mendatangkan traffic.
Kalau anda seperti itu, akan sangat lama sampai blognya jadi sukses.
Lalu bagaimana cara mencari komunitasnya?
- Search di Google dengan keyword: “forum [topik]”
- Search di Facebook dengan keyword: “groups about [topik]”
Gabung ke beberapa grup terbaik dalam topik yang anda tentukan.
Komunitas-komunitas ini nantinya akan sangat banyak membantu perkembangan blog anda terutama dalam 6 bulan pertama, sebelum peringkat di Google stabil.
Sebagai gambaran:
Traffic PanduanIM.com dalam 3 bulan pertama sebagian besar berasal dari situs komunitas (Social dan Referral).
Sebelum mendatangkan traffic, situs komunitas juga bisa digunakan dalam proses pembuatan konten. Dijelaskan dalam langkah berikutnya.
3. Temukan permasalahan terbesar dalam topik yang anda pilih
Ada 2 tema konten yang paling umum digunakan dalam blogging:
- Panduan
- Informasi
Kedua tema ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan pembaca.
Jadi kalau anda ingin sukses memancing pengunjung ke blog anda, maka konten yang disediakan harus mampu menyelesaikan permasalahan mereka.
Ini berdasarkan pengalaman saya:
Untuk blog baru, cara tercepat untuk sukses adalah dengan menyediakan konten berupa solusi dari permasalahan terbesar yang ada dalam topik tersebut.
Masalah terbesar.
Hal yang selalu menjadi permasalahan utama bagi orang yang baru mengenal topik utama blog anda.
Misalnya:
Kalau saya membuat blog tentang dunia kerja.
Permasalahan terbesar dalam topik tersebut salah satunya adalah “cara mendapatkan pekerjaan”. Betul?
Maka ketika blog masih baru, gunakan lah permasalahan tersebut sebagai topik konten.
Cara tersebut juga saya lakukan sewaktu membuat blog PanduanIM ini.
4. Buat konten terbaik yang menyelesaikan permasalahan terbesar
Ini…
Kalau anda tidak bisa melakukan ini, jangan harap bisa menciptakan blog yang bernilai ratusan juta Rupiah.
Coba dipikirkan:
Kalau dalam suatu topik sudah ada sebuah artikel yang kualitasnya cukup bagus. Kemudian anda membuat artikel dengan kualitas yang lebih rendah.
Apakah bisa jadi lebih sukses daripada yang pertama tadi?
Mustahil!
Makanya setiap konten yang anda buat harus yang terbaik daripada yang lain.
Buatlah konten yang membuat pembaca blog anda berekspresi seperti ini:
Masih ingat tadi saya bilang bahwa anda sebaiknya tidak perlu menerbitkan konten terlalu sering?
Itulah alasannya.
Lebih baik fokus membuat 1 buah konten dengan kualitas terbaik, daripada membuat 10 konten yang biasa-biasa saja. Karena konten yang biasa-biasa saja tidak akan bisa jadi populer, berapapun banyaknya.
Konten berkualitas tinggi proses pembuatannya lebih lama.
Di PanduanIM, 1 konten (artikel) biasanya memakan waktu minimal 3 hari.
…makanya tidak akan bisa membuat konten berkualitas setiap hari.
Baca panduan ini kalau anda ingin mempelajari Metode KTP untuk membuat konten berkualitas.
5. Promosikan konten terbaik anda untuk mendapatkan ledakan pengunjung
Saya sering ditanyai seperti ini oleh pembaca:
“Saya sudah punya banyak konten di blog, kenapa belum juga punya banyak pengunjung? Kenapa belum bisa peringkat 1 di Google?”
Lalu saya tanya balik:
“Kontennya apa sudah dipromosikan?”
Biasanya jawabannya belum…
…ya wajar kalau masih sepi, mana bisa orang lain tiba-tiba secara ajaib ketemu dengan konten anda kalau bukan anda yang memberitahu mereka?
Inilah yang membedakan blogger yang sukses dan yang gagal.
Mereka yang sukses aktif mempromosikan konten-konten terbaiknya.
Sementara yang gagal hanya menunggu rangking di Google.
Konten sebagus apapun tidak akan pernah jadi populer kalau tidak dipromosikan. Jangan juga berharap bisa mendapatkan peringkat 1 di Google kalau anda tidak berusaha mempromosikan konten.
Ini screenshot grafik setelah promosi konten:
Kalau diperhatikan, di awal traffic-nya stagnan, tidak berkembang.
Tapi sejak ada 2 konten yang jadi viral lewat promosi, traffic-nya jadi berkembang seiring waktu.
Itulah mengapa promosi konten sangat penting untuk perkembangan blog.
6. Bangun reputasi, kredibilitas, dan hubungan dengan calon pembaca
Ingat kembali ketika anda menggunakan Google Search untuk mencari informasi.
Ada 2 jenis website:
Pertama, website yang ‘biasa aja’:
Entah karena kontennya kurang bagus, desainnya tidak menarik, atau karena pemiliknya tidak mengajak kita berinteraksi. Setelah selesai membaca, kita tidak pernah ingat lagi dengan blog ini.
Kedua, website yang ‘istimewa’:
Website yang berbeda dari website lainnya, lebih bagus. Ketika selesai membaca, rasanya ingin simpan/bookmark halamannya, like/follow akunnya, lalu langganan ke blognya.
Website tipe kedua yang akan sukses.
Kalau anda ingin membuat blog tipe kedua, lakukan ini:
- Aktif berkontribusi di komunitas yang tepat
- Ajak pembaca like/follow akun social anda
- Lakukan list building
- Bicara dengan pembaca anda
Inilah 10% hal yang tidak dilakukan oleh sebagian besar blogger (seperti yang saya jelaskan di awal tadi).
Padahal keempatnya adalah kunci kesuksesan blog.
Blogger pemula biasanya lebih suka menghabiskan waktu mengutak-atik tampilan, plugin, kecepatan, dan beberapa urusan SEO yang kurang penting.
Hal yang penting seperti pembuatan konten berkualitas dan promosinya diabaikan.
keywords : Bagian II – Langkah-langkah menciptakan blog yang mampu menghasilkan ratusan juta Rupiah | Cara mendapatkan uang dari blog
0 Response to "Bagian II – Langkah-langkah menciptakan blog yang mampu menghasilkan ratusan juta Rupiah | Cara mendapatkan uang dari blog"
Posting Komentar